CINTA KARYA ANAK BANGSA

CINTA KARYA ANAK BANGSA
reztu pambudi

Sabtu, 25 Juni 2011

SMKN 9 SURABAYA - SEKOLAH PELOPOR MINAT SENI JAWA TIMUR

Sejarah SMK Negeri 11 Surabaya

SMK Negeri 11 Surabaya dahulu dikenal dengan sebutan SMSR ( Sekolah Menengah Seni Rupa ) yang merupakan sekolah seni  yang berada di Jawa Timur dan termasuk tujuh sekolah seni rupa yang ada di Indonesia. SMK Negeri 11 Surabaya dahulu merupakan sekolah pecahan dari SMKI yang sekarang bernama SMKN 9 Surabaya (SMKI). Kemudian sebagian guru dari SMKI ingin mendirikan sekolah sendiri yang berlokasi di belakang SMK Negeri 9 Surabaya. Karena pada saat itu guru-guru tersebut ingin mempunyai batas-batas antara seni pertunjukan dengan seni terapan. Pada tahun 1989 SMK Negeri 11 Surabaya berdiri. Dan sejak saat itu pula SMK Negeri 9 Surabaya memfokuskan diri pada seni pertunjukan saja.

Pada waktu itu SMK Negeri 11 Surabaya hanya mempunyai 1 (satu) program keahlian yang dipecah menjadi 2 (dua) yaitu seni Rupa dan Grafis. Oleh karena itu SMK Negeri 11 Surabaya dikenal dengan nama SMSR. Setelah itu pada tahun 1994 berdiri program keahlian Kriya Tekstil. Kemudian berturut-turut berdiri program keahlian Kriya yang baru yaitu Kriya Kayu (pada tahun ajaran 1995 - 1996) dan Kriya Logam (pada tahun ajaran 1996 - 1997). Pada tahun 2001, pemerintah Surabaya telah memiliki otonomi daerah sendiri, sehingga masing-masing sekolah dibebaskan dalam membuka program keahlian baru maupun mengatur masalah intern di dalam sekolah itu sendiri. Oleh karena itu SMKN 11 Surabaya membuka 2 (dua) program keahlian baru yaitu, program keahlian Teknologi Informatika dan Desain Komunikasi Visual  Dua program keahlian baru tersebut banyak diminati dan mendapat respon positif dari masyarakat, baik yang ada di Surabaya maupun yang ada diluar Surabaya. Sehingga di tahun ajaran berikutnya SMK Negeri 11 Surabaya kembali membuka program keahlian baru yaitu program keahlian Teknik Mesin Industri. Tidak kalah dengan dua jurusan sebelumnya, program keahlian Mesin Industri juga disambut antusias oleh masyarakat, dan sekarang muncul Program Kria Kulit (yang memang sejak awal telah memiliki peralatan yang di import dari Spanyol), juga Program Desain interior sebagai tantangan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan desainer-desainer unggul.
Hingga kini SMK Negeri 11 Surabaya memiliki 10 kompetensi keahlian, serta tetap eksis dalam mendidik siswa-siswinya dalam bidaang sains, seni dan teknologi untuk menjadi manusia  yang handal dan mampu berkompetisi dan mengembangkan diri di Era Globalisasi sesuai Visi dan Misi SMK Negeri 11



gambar untuk SMKN 9 SURABAYA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar